-->

Jawaban Essay PAI BAB 2 (Meyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja)

Jawaban Essay PAI BAB 2 (Meyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja) - Kali ini admin akan berikaan jawaban soal essay PAI Bab 2 bagi temen temen yang sedang mencari silahkan langsung saja di baca baca sebagai sumber referensi 


1  Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa dan tawakal?
2. Mengapa manusia diharuskan ikhtiar!
3. Mengapa Rasulullah saw. dan kawan utama beliau tidak pernah mempermasalahkan takdir? Urutkan jawabanmu!
4. Sebutkan 5 macam anugerah Allah Swt. yang telah diserahkan manusia sebagai bekal supaya tidak salah dalam menempuh kehidupannya!
5. Salinlah, terjemahkan, dan sampaikan kandungan isi dari Q.S. an Najm/43:39-42?
6. Mengapa insan harus bertawakal? Jelaskan!
7. Jelaskan guna berdoa untuk orang beriman!
8. Sebutkan faedah beriman untuk Qa«±' dan Qadar!
9. Mengapa tidak seluruh doa yang dipanjatkan tidak jarang kali dikabulkan Allah Swt.? Jelaskan!
10. Kapan masa-masa yang tepat guna memanjatkan doa untuk Allah Swt.?

Jawab: 

1. Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Do'a Dan Tawakal ialah takdirberlangsung menurut keterangan dari hukum “sunnatullah”. Artinya keberhasilan hidup seseorang paling tergantung sejalan atau tidak dengan sunnatullah. Sunnatullah ialah hukum-hukum Allah Swt. yang dikatakan untuk umat insan melalui semua Rasul, yang tertera di dalam al-Qur±nberlangsung tetap dan otomatis. Misalnya malas belajar berdampak bodoh, tidak inginkan bekerja bakal miskin, menyentuh api menikmati panas, menanam embrio akan tumbuh, dan lain-lain.
Kenyataan mengindikasikan bahwa siapa juga orangnya tidak dapat mengetahui takdirnya. Jangankan peristiwa masa depan, hari esok terjadi apa, tidak terdapat yang dapat mengetahuinya. Siapa juga yang berjuang dengan sungguh-sungguh cocok hukum-hukum Allah Swt. disertai dengan do’a, ikhlas, dan tawakal untuk Allah Swt., dijamin akan mendapat  keberhasilan dan menemukan cita-cita cocok tujuan yang ditetapkan.

2. Manusia diharuskan ikhtiar ialah karena Allah Swt. mendorong insan untuk berusaha, berlomba, dan bersaing menjadi orang yang tercepat. Siapajuga yang berjuang dengan sungguh-sungguh. Jika telah diikhtiarkantetapi kegagalan yang diperoleh, maka dalam hubungan berikut letak “rahasia Ilahi.” Meskipun begitu, Allah Swt. tidak menyia-nyiakan seluruh amal yang telah dilakukan, walaupun gagal. Sehingga manusia diharuskan iktiar sebab keberhasilan tidak bakal didapat melulu dengan berdo'a saja, dibutuhkan usaha yang keras untuk menjangkau keberhasilan tersebut

3. Rasulullah saw. dan kawan utama beliau tidak pernah mempermasalahkan takdir, sebab takdir ditentukan oleh Allah Swt. Takdir berjalan cocok dengan sunnatullah, dengan kata lain keberhasilan hidup paling tergantung sejalan atau tidaknya dengan sunnatullah.

4. 5 macam anugerah Allah Swt. yang telah diserahkan manusia sebagai bekal supaya tidak salah dalam menempuh kehidupannya ialah naluri, panca indera, akal, kalbu dan aturan agama.

5. Salinlan , terjemahkan, dan sampaikan kandungan isi dari Q.S. an Najm/43:39-42 surat an najm ayat 39-42 :
وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ
artinya : dan sesungguhnya seorang insan tiada mendapat  di samping apa yang sudah diusahakannya

وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ
artinya : dan sesungguhnya usaha tersebut kelak akan ditunjukkan (kepadanya).

ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَىٰ
artinya : Kemudian bakal diberi balasan kepadanya dengan balasan yangsangat sempurna,

وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ الْمُنْتَهَىٰ
artinya : dan bahwasanya untuk Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu),
kandungan surat al-najm ayat 39 hingga 42 :

1. Allah Swt. berjanji bakal memberi balasan sempurna untuk orang yang mau berjuang keras
2. Setiap usaha atau ikhtiar guna memenuhi keperluan hidup hendaknyadimulai dengan niat sebab Allah Swt semata.
3. Allah Swt. akan menganugerahkan pahala berlipat ganda untuk mereka yang inginkan berikhtiar cocok keahliannya, dan tidak berpangku tangan, dan pahala itu akan menjadi bekal meraih kebahagiaan di akhirat. Dan amal saleh yang sudah mereka kerjakan akan dijawab dengan surga. Surga adalahbalasan sempurna dari Allah Swt. untuk hamba-hamba-Nya yang saleh.
4. usaha, banting tulang atau ikhtiar dilaksanakan untuk mendapat  kebahagian dunia dan akhirat, kebahagian dunia mesti disertai dengan ikhtiar kerja keras, begitu pun kebahagian akhirat pun disertai dengan ikhtiar banting tulang (ibadah) dengan menjalankan perintah dan meninggalkan larangan Allah
5. insan harus bertawakal sebab manusia hanya diharuskan untukberjuang dengan sungguhsungguh, sedangkan hasilnya di berikan sepenuhnya melulu kepada Allah Swt.. Karena dapat jadi kemauan manusia tidak sesuai menurut keterangan dari pandangan Allah Swt. (Q.S. al-Baqar±h/2:216)”.


6. Manusia mesti bertawakal Karena :


1) Karena bertawakal ialah jalan terbit dari semua persoalan dan dapatmemadai semua kebutuhannya. Dengan bertawakal berarti anda percaya sepenuhnya untuk Allah swt. Kita tidak dapat mengganti ataumenyimpulkan sesuatu. Maka dari itu, anda harus bertawakal yg disertai dengan ikhtiar dan do'a. Perintah bertawakal pun telah terdapat dalam Al-Qur'an At-Taubah ayat 51, Yunus ayat 71, At-Talaq ayat 3, dll.
2) Manusia mesti bertawakal sebab manusia hanya diharuskan untukberjuang dengan sungguhsungguh, sedangkan hasilnya di berikan sepenuhnya melulu kepada Allah Swt.. Karena dapat jadi kemauan manusia tidak sesuai menurut keterangan dari pandangan Allah Swt. (Q.S. al-Baqarah/2:216)”.

7. Manfaat berdoa untuk orang beriman merupakan:
1) do'a dapat mengolah takdir (tentu disertai usaha)
sebagaimana hadits nabi, dari Tsauban RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak terdapat yang dapat menangkal takdir, kecuali doa. Tidak terdapat yang dapat meningkatkan umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dirintangi dari rezeki, diakibatkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).
2) menghindarkan murka Allah
sebagaimana hadits nabi, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah (berdo'a), maka Allahbakal murka padanya.” (HR. Tirmidzi).
3) mendapat  rahmat dari Allah
sebagaimana firman Allah dalam surat al-a'raf ayat 55 - 56
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ
artinya: Berdoalah untuk Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyenangi orang-orang yang mendahului batas.
وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ
artinya: Dan janganlah anda membuat kehancuran di muka bumi, setelah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa fobia (tidakbakal diterima) dan asa (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat untuk orang-orang yang melakukan baik.
4) mendapat pahala, sebab do'a ialah ibadah
الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ
artinya : “Do’a ialah ibadah.” (HR. Abu Daud , at-tirmidzi, ibnu majah dan Ahmad)


8. Hikmah beriman untuk Qa«±’ dan Qadar merupakan:

Memberi keyakinan untuk manusia sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi di alam ini tidak lepas dari sunnatullah,
Menambah kepercayaan pada insan untuk senantiasa berikhtiar atauberjuang untuk lebih giat lagi dalam memburu cita-citanya,
Meningkatkan kepercayaan pada insan untuk berdo’a supaya lebih terfokus pada sasaran yang diharapkan sukses dengan izin Allah Swt.,
Memberi kepercayaan pada insan untuk senantiasa bertawakal untuk Allah atas segala ikhtiarnya dan
Menyadarkan insan bahwa dalam kehidupannya diberi batas oleh peraturanperaturan Allah Swt., yang tujuannya untuk kebajikan manusiatersebut sendiri

9. tidak seluruh do'a yang dipanjatkan tidak jarang kali dikabulkan Allah Swt. Karena dapat jadi kemauan manusia tidak sesuai menurutketerangan dari pandangan Allah Swt. (Q.S. al-Baqar±h/2:216)

10. sesudah berikhtiar atau berjuang dengan betul-betul untukmenjangkau cita-cita atau mendapat rezeki yang halal

0 Response to "Jawaban Essay PAI BAB 2 (Meyakini Qadā dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel